PENUHI VAKSINASI BUAH HATI ANDA UNTUK MENDUKUNG TUMBUH KEMBANGNYA

SHARE

PENUHI VAKSINASI BUAH HATI ANDA UNTUK MENDUKUNG TUMBUH KEMBANGNYA

Tumbuh kembang anak yang sempurna merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Namun demikian, banyak orang tua lupa akan pentingnya vaksinasi anak lengkap agar tumbuh kembang anak tidak terganggu.

Vaksinasi merupakan salah satu bentuk imunisasi, yaitu program pencegahan penyakit menular dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang atau anak agar lebih kebal terhadap suatu penyakit.

Menurut dr Yohana selaku Kepala Unit Rawat Jalan RSU Kaliwates, bayi yang baru lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang bersifat pasif, akan tetapi hal tersebut bertahan beberapa bulan setelah bayi lahir. Setelah itu, kekebalan tersebut itu hilang. Oleh sebab itu, agar imunitas anak menjadi kuat serta kebal akan berbagai macam penyakit diperlukan imunisasi atau pemberian vaksin.

Ada beberapa jenis vaksinasi untuk anak, antara lain vaksin polio, vaksin hepatitis B, vaksin MMR ( Measles, Mumps, Rubella ) dan vaksin campak. Vaksin polio diberikan untuk pencegahan penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf pusat di bagian otak. Vaksin hepatitis B diberikan untuk mencegah penularan virus hepatitis B pada anak. Vaksin MMR merupakan vaksin kombinasi untuk mencegah gondongan, campak, dan rubella atau juga disebut campak Jerman. Sedangkan untuk vaksin campak merupakan jenis vaksin untuk anak yang sangat dikenal oleh orang tua di Indonesia, rubela atau campak merupakan infeksi virus yang cukup umum terjadi pada si kecil, ujar beliau.

Oleh karena itu, pemberian vaksin pada anak sangat penting. Di RSU Kaliwates terdapat Klinik Spesialis Anak yang siap untuk membantu proses vaksinasi buah hati anda. Klinik Spesialis Anak dilengkapi peralatan yang memadai serta ditangani dokter spesialis anak yang kompeten.

Jangan panik bila ada keluhan tentang kesehatan buah hati anda, apabila terdapat pertanyaan seputar kesehatan anak atau keluhan lainnya dapat menghubungi spesialis center RSU Kaliwates di nomor (0331) 483 309 atau Instalasi Gawat Darurat (IGD) di nomor (0331) 483 505. Pendaftaran juga dapat melalui whatsapp di nomor 0821-4109-1945. Rumah Sakit Umum Kaliwates Sahabat Kesehatan Anda.